Blog

Gaya Rumah Victorian yang Mewah Ala Kerajaan Inggris

Gaya Rumah Victorian yang Mewah Ala Kerajaan Inggris

Gaya Rumah Victorian yang Mewah Ala Kerajaan Inggris – Gaya arsitektur yang satu ini di buat di tahun 1830 bersamaan dengan saat pekerjaan Ratu Victoria. Arsitektur victorian menjadi satu di antara yang paling terkenal dari era ke-19 sampai dengan awalnya dasawarsa era ke-20. Rumah victorian mempunyai keunikan yang menyatukan di antara gaya desain kontemporer-modern dan desain tradisionil. Ini membuat rumah berpenampilan victorian sesuai dengan ide desain rumah dari semua jaman.

Gaya ini ada karena dampak dari perubahan tehnologi. Besi dan baja sebagai elemen baru yang di tempatkan ke konstruksi bangunan. Salah satunya keunikan yang menonjol dari bangunan di zaman ini ialah penggunaan bata sebagai bahan bangunan khusus karena banyaknya yang di buat dengan masal dan harga yang relatif murah. Untuk mengenali gaya rumah ini tambah dekat, berikut beberapa karakter dari desain victorian.

1. Dekorasi Ala Kerajaan Inggris

1. Dekorasi Ala Kerajaan Inggris

1. Dekorasi Ala Kerajaan Inggris

Rumah dengan gaya victorian umumnya benar-benar sama dengan dekor yang mempunyai sentuhan ciri khas dari jaman kerajaan Inggris. Lumrah saja bila umumnya rumah dengan gaya ini umumnya mempunyai karpet besar, gorden atau tirai besar dan wallpaper dengan skema yang kuat seperti bangunan-bangunan dari kerajaan Inggris yang lain.

Di bagian fasad, biasanya rumah berpenampilan victorian mempunyai Cupola di bagian atap tempat tinggalnya. Cupola ini sebagai sisi rumah yang menyembul di di antara atap bangunan dengan bentuk yang nyaris serupa dengan menara. Sebagian besar dari gaya victorian selalu menggunakan kayu pada bagian eskterior bangunan.

2. Bentuknya Megah

2. Bentuknya Megah

2. Bentuknya Megah

Arsitektur victorian sama dengan bertambahnya populasi warga menengah ke atas yang mempunyai cita-rasa eksklusif dan menawan. Karena itu dari itu, rumah yang di buat juga relatif besar dan bertingkat, dengan halaman muka dan belakang. Beberapa rumah victorian tidak mempunyai tempat parkir mobil karena belum melimpahnya tersedianya mobil pada periode tersebut. Sebagai info, jaman ini usai saat mobil telah banyak di pakai karena menebarnya revolusi industri.

3. Dipenuhi Warna Cerah

3. Dipenuhi Warna Cerah

3. Dipenuhi Warna Cerah

Saat sebelum ada gaya victorian, sebagian besar rumah cuma mempunyai satu warna seperti putih atau krem. Pada zaman victorian, beberapa warna ceria seperti orange, mustard dan kuning benar-benar di sukai karena serupa dengan warna batu bata merah. Di samping itu, biasanya warna yang banyak di aplikasikan pada rumah victorian ialah beberapa warna yang condong classic dan eksklusif. Seperti warna merah maroon, lavender, cokelat, ungu, merah anggur, gold, hijau tua, dan mahogany brown.

gold hijau tua dan mahogany brown

gold hijau tua dan mahogany brown

Salah satunya bangunan paling terkenal yang memakai gaya arsitektur victorian ialah Victoria Gallery dan Museum yang berada di Liverpool. Gedung sisa Kampus Liverpool ini di buat memakai batu bata merah, hingga mempunyai panggilan “red brick university”.

4. Diisi dengan Furniture Klasik dan Mewah

4. Diisi dengan Furniture Klasik dan Mewah

4. Diisi dengan Furniture Klasik dan Mewah

Kesan-kesan classic dan eksklusif benar-benar kental kelihatan dari rumah berpenampilan victorian ini. Ini juga kelihatan dari penggunaan mebel yang berkesan mahal. Mebel yang di pakai umumnya mempunyai ukir-pahatan atau ornament mendalam ala-ala jaman kerajaan Inggis pada era tengah. Hal-hal lain yang tidak kalah penting saat membuat desain rumah berpenampilan victorian ialah pengaplikasikan Furniture yang memiliki ukuran besar, termasuk dengan lampu hias. Anda bisa juga memadankan ornament dengan skema yang kuat dengan lampu chandelier atau tirai besar dengan warna dasar emas untuk menegaskan kesan-kesan arsitektur victorian pada interior rumah.

5. Contoh Rumah Victorian Paling Terkenal

5. Contoh Rumah Victorian Paling Terkenal

5. Contoh Rumah Victorian Paling Terkenal

Carson Mansion sebagai contoh rumah victorian paling terkenal dan fantastis yang berada di Eureka Old Town, California. Rumah ini di buat oleh arsitek Samuel dan Josep Cather Newsom di tahun 1886. Rumah yang di buat untuk seorang pebisnis Amerika ini sekarang di pakai sebagai klub house individu dari club Ingomar yang sudah beli rumah ini dari pemiliknya. Sayang, rumah ini tidak terbuka untuk umum. Tetapi, Anda masih tetap dapat menyaksikan keelokannya dari luar.

Anda tetap bisa melihat keindahannya dari luar

Anda tetap bisa melihat keindahannya dari luar

Selainnya Carson Mansion, Postcard Row atau Painted Ladies sebagai barisan rumah berpenampilan victorian yang paling terkenal. Ada lebih dari 40.000 rumah berpenampilan victorian yang dibuat di San Fransisco dari tengah era ke-19 sampai era ke-20. Sayang, barisan rumah dengan beragam warna yang cantik ini sudah banyak yang remuk saat gempa di tahun 1906.

Rupanya, ada banyak keunikan dari gaya rumah victorian ini yang dapat Anda masukan ke tempat tinggal individu Anda kan. Tertarik?

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *